Mengobati Luka Bakar dengan Daun Binahong

Luka bakar adalah salah satu jenis luka dimana jaringan permukaan tubuh mengalami kerusakan yang disebabkan oleh kontak mata dengan suhu tinggi seperti api, air panas, listrik, bahan kimia, radiasi, dan juga disebabkan karena kontak dengan suhu rendah.

Luka bakar merupakan penyebab kematian ketiga akibat kecelakaan pada semua kelompok umur. Namun karena pengobatan luka bakar mengalami kemajuan, maka angka kematian akibat luka bakar menurun. Nah salah satu pengobatan luka bakar tersebut yaitu dengan menggunakan daun binahong. Daun binahong atau yang lebih dikenal dengan gondola merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang khasiatnya dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kesehatan termasuk luka bakar.

Untuk luka bakar, rupanya khasiat daun binahong sudah tidak ditragukan lagi khasiatnya. Pasalnya di dalam daun binahong terkandung beberapa nutrisi seperti antioksidan, asam karkobat, total fenol, saponin, alkaloid, minyak atsiri, protein tinggi, dan asam oleanolik. Asam oleanolik ini berfungsi sebagai antiinflamasi yang artinya mampu meredakan rasa sakit pada luka bakar.

Untuk mengobati luka bakar dengan menggunakan daun binahong sangatlah mudah yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun binahong kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus baru bisa dioleskan pada luka bakar secara merata. Agar luka bakar yang telah diolesi daun binahong tidak terkena infeksi, maka dianjurkan luka bakar tersebut ditutup dengan menggunakan perban atau kain bersih sehingga tidak terjadi kontraminasi infeksi atau terserang bakteri lain.

0 Response to "Mengobati Luka Bakar dengan Daun Binahong"

Post a Comment